10+ Keutamaan Umroh bagi yang Melaksanakannya

Keutamaan Umroh – Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agama islam.  Hampir sama dengan ibadah haji, umroh dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa rangkaian ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Setiap orang dari kalangan kaum muslim pasti merindukan tanah suci, apalagi Ka’bah di tanah haram Mekkah. Di tempat ini ada dua aktivitas ibadah yang mulia yakni umroh dan haji. Untuk umroh sendiri dapat diamalkan setiap saat. Namun untuk haji hanya dikhususkan pada bulan haji, yakni bulan Dzulhijjah.

Keutamaan Umroh dan Dalilnya

Sebagai sebuah aktivitas ibadah, sudah tentu umroh memiliki keutamaan tersendiri saat dikerjakan. Di bawah ini Umroh Cirebon rangkumkan beberapa keutamaan dari ibadah umroh, berikut hadits tentang umroh dan hadits keutamaan umroh di bulan Ramadhan untuk Anda. Simak untuk mendapatkan info lengkapnya.

Umroh Sebagai Bentuk Jihad

Keutamaan pertama dari umroh adalah layaknya keutamaan haji adalah sebagai salah satu bentuk jihad di Jalan Allah SWT. Dalam hal ini ‘Aisyah berkata: “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Nabi pun menjawab “Iya, dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yakni dengan haji dan umroh” [HR Ibnu Majah no. 1901]

Umroh Menghapus Dosa

Keutamaan kedua dari umroh adalah bisa menghapus dosa setiap orang yang mengerjakannya di antara dua umroh yang dilakukannya. Abu Hurairah, ia berkata, Nabi SAW bersabda: “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga” [HR. Bukhari dan Muslim]

Umroh menghapus dosa, sumber: google.com
Umroh menghapus dosa, sumber: google.com

Umroh Menghilangkan Kefakiran

Selanjutnya umroh juga bisa menghilangkan kefakiran. Dari Abdullah, Nabi SAW bersabda: “Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji mabrur kecuali surga” [HR. An Nasai, Tirmidzi dan Ahmad]

Ibadah ini juga telah dikerjakan oleh Nabi SAW dan para sahabat baik ketika Nabi SAW masih hidup maupun disaat beliau SAW sudah tiada. Hal ini juga bisa menjadi salah satu hal yang menunjukkan kemuliaan dari ibadah umroh ini.

Doa akan Dikabulkan

Seperti yang telah disebutkan oleh Nabi SAW, jamaah yang berkunjung ke tanah suci untuk aktivitas ibadah haji dan umroh dianggap sebagai tamu Allah SWT. Keutamaan yang akan didapatkan oleh tamu undangan adalah dikabulkannya setiap doa orang pergi umroh.

Sebagaimana tertulis dalam hadits yang diriwayatkan oleh An Nasai dan Ibnu Majah, Nabi SAW bersabda: “Jamaah haji dan juga umroh adalah delegasi dari Allah. Apabila mereka berdoa maka Allah akan mengijabahnya. Dan apabila mereka meminta ampun, Allah akan memberikan ampunan-Nya”

Doa dikabulkan, sumber: google.com
Doa dikabulkan, sumber: google.com

Mendapatkan Pahala Hingga Hari Kiamat

Keutamaan berikutnya adalah berkesempatan untuk mendapatkan pahala hingga hari kiamat, apabila meninggal dunia saat melaksanakan perjalanan umroh dalam keadaan ihram, maka pahalanya akan dicatat sampai hari akhir.

Dijanjikan Surga

Untuk setiap orang yang menjalankan ibadah umroh, Allah menjanjikan surga untuk mereka yang melangsungkan ibadah umroh dan haji dengan ikhlas. Hal tersebut berdasarkan dalil umroh dalam hadits yang artinya:

“Bahwa orang-orang yang melaksanakan umroh akan diberikan keistimewaan dengan ganjaran surga” [HR. Bukhari]

Memperoleh Ketentraman Hati

Hati akan merasa tentram dan kehidupan menjadi lebih tenang karena selama menjalankan ibadah umroh selalu berdoa. Keutamaan umroh satu ini memberikan wujud kekayaan dalam hati, sehingga menjadi lebih sabar dan menambah iman bagi siapapun yang mengamalkannya.

Pahala Sholat yang Berlipat Ganda

Keutamaan umroh mampu membuat pahala sholat saat ibadah umroh bisa mendatangkan pahala 1000 kali lipat sehingga 100.000 kali lipat. Keutamaan ini hanya akan didapatkan oleh mereka yang sholat di tanah masjid nabawi dan masjidil haram saja.

Pahala berlipat, sumber: google.com
Pahala berlipat, sumber: google.com

Meningkatkan Iman dan Taqwa

Dengan melakukan ibadah umroh, itu berarti orang tersebut sedang berupaya untuk meningkatkan iman dan taqwanya. Dalam rangka menyambut perintah dari Allah dan memperbaiki ibadah serta perilakunya.

Mendapatkan Keberkahan

Umroh bisa memberikan keberkahan kepada siapa saja yang menjalankannya. Apabila umroh ini diamalkan dengan hati yang ikhlas dan dijalankan dengan khusyu, maka bisa menjadi ibadah yang sah dan diterima di sisi Allah. Pada saat itu, keberkahan akan didapatkan oleh orang yang berumroh.

Mempererat Tali Persaudaraan Umat Islam

Apabila dilihat dari aspek sosial, ibadah umroh juga dapat mendatangkan keutamaan bagi orang yang melakukannya. Salah satunya adalah bisa mempererat tali persaudaraan umat islam. Setiap jamaah bisa bercengkrama dan berkenalan dengan saudara seaqidahnya yang tinggal jauh dengannya. Dalam hal ini Allah berfirman:

“Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Allah menjinakkan antara hati-hati kamu. Maka kamu menjadi bersaudara.” [QS. Ali Imran ayat 103]

Mengajarkan Tentang Makna Sabar

Keutamaan lain yang dapat dirasakan dari ibadah umroh adalah meningkatkan rasa sabar. Sebagaimana jamak diketaui bahwa menunaikan umroh bukanla perkara yang mudah. Selain membutuhkan biaya, juga dibutuhkan persiapan mental. Karena di tanah suci Mekkah, kita akan bertemu dengan jutaan orang.

Maka, hal yang tidak bisa dihindari adalah berdesak-desakan dalam cuaca yang panas. Dalam konteks inilah kesabaran kita dilatih. Jika selama umroh mampu bersabar dari kondisi seperti itu, maka harapannya dalam kehidupan juga bisa bersabar terhadap ujian dari Allah SWT.

Melatih makna sabar, sumber: google.com
Melatih makna sabar, sumber: google.com

Umroh Saat Ramadhan Setara Pahala Haji

Apabila Anda beruntung bisa melaksanakan umroh di bulan suci ramadhan, maka keuatamaan umroh bulan ramadhan bisa didapatkan, berupa pahala setara dengan ibadah haji. Nabi SAW bersabda: “Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh ramadhan setara dengan haji” [HR. Bukhari dan Muslim]

Dalam hadits lain redaksinya adalah: “Sesungguhnya umroh di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” [HR. Bukhari]

Dari kedua hadits tersebut, bahwa ada keutamaan melaksanakan umroh di bulan Ramadhan. Menurut Imam Nawawi, yang dimaksud oleh hadits di atas adalah sama dalam hal pahalanya. Namun dari segi kewajibannya, tetap tidak bisa digantikan. Sebab, ibadah haji adalah kewajiban bagi umat muslim yang mampu melakukannya.

Nah, itulah beberapa keutamaan yang akan didapatkan oleh orang yang berumroh. Jika Anda ingin menjalankan ibadah umroh, Anda bisa menggunakan jasa biro travel Umroh Cirebon. Tidak terbatas untuk wilayah Cirebon, Umroh Cirebon memberikan layanan kepada jamaah umroh yang berasal dari mana saja di Indonesia. Untuk info selanjutnya Anda bisa berkonsultasi dengan kami.

Leave a Comment